E-LEARNING SMP N 3 DEPOK

PELAKSANA PPK

Yth. Orang Tua/Wali
Siswa Kelas 7, 8, 9 Tahun Ajaran 2018/2019
SMP Negeri 3 Depok

Assalamu’alaikum wr.wb

Dengan hormat, dalam rangka Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan Implementasi Program “ Sekolahnya di SMP N 3 Depok Belajarnya Di mana-mana”,  sekolah memberi kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan PPK berbasis masyarakat pada tanggal 3-5 Desember 2018, di lingkungan tempat tinggal siswa.

Berkaitan dengan hal tersebut kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 3 Depok di liburkan, dan bapak ibu orang tua melaksanakan bimbingan sebagai konsultan bagi putra putrinya dalam melaksanakan PPK berbasis Keluarga/Masyarakat. Nilai-nilai karakter yang harus dikuatkan selama kegiatan dapat dilihat di: degadeonline.com.

Kepada para siswa diwajibkan membuat laporan dalam bentuk Ekposisi/ Narasi dari semua kegiatan yang dilakukan secara integreted/ menyatu , memuat semua nilai karakter yang dikerjakan dengan pendampingan dan konsultasi dari orang tua, atau tokoh masyarakat. Laporan dapat disertai gambar  kegiatan yang sesuai, minimal 2 lembar quarto ( 500 kata). Laporan dikumpulkan kepada wali kelas tanggal 6 Desember 2018

Terkait dengan penerimaan raport, pada edaran kami sebelumnya terjadwal tanggal

15  Desember 2018, yang benar adalah 14 Desember 2018 sebagaimana kami ralat berikut ini :

No Kegiatan Tanggal Keterangan
9 Persiapan Pameran_pagelaran 10-13 Dsemeber 2018 Semua siswa kelas 7, 8, 9, OSIS
10 Penerimaan Raport Semester I, 14 Desember 2018 Diambil Orang tua,

Kelas 9 : 07.00 – 08.00
Kelas 8 : 08.30 – 09.30

Kelas 7 : 10.00 – 11.00

11 Bazar, Pagelaran dan Pameran Kreatifitas 14 Desember 2018 Pukul 07.00 – 11.30

Semua Siswa dan OSIS

Demikian informasi ini  disampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih

Wassalamu’alaikum wr.wb

Kepala Sekolah

 

Darto, S.Pd

NIP.19701215 199702 1 001

PPK BERBASIS KELUARGA
Tugas untuk tanggal 3-5 Desember 2018

NO NILAI KARAKTER PENGERTIAN/ASPEK UNTUK  DIKERJAKAN DALAM LIBURAN TUGAS/TAGIHAN
1 Religius Pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan/atau ajaran agamanya. Membuat laporan dalam bentuk Ekposisi/ Narasi semua kegiatan yang dilakukan secara integreted/ menyatu memuat semua nilai karakter yang dikerjakan dengan pendampingan dan konsultasi dari orang tua, atau tokoh masyarakat.

Laporan dapat disertai gambar  kegiatan yang sesuai, minimal 2 lembar quarto ( 500 kata)

2 Integritas a.       Jujur

Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain

b.    Bertanggung jawab

Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME.

3 Mandiri Percaya diri

Sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapannya. Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

4 Gotong-Royong a.    Patuh pada aturan-aturan sosial

b.    Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.

c.    Peduli sosial dan lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan

5 Nasionalisme Cara berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

a.    Nasionalis

Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya.

b.     Menghargai keberagaman

Sikap memberikan respek/ hormat terhadap berbagai macam hal baik yang berbentuk  fisik, sifat, adat, budaya, suku, dan agama