E-LEARNING SMP N 3 DEPOK

12 Cara Kreatif Mengatasi Kebosanan SDR anak SMP


.Masa pandemi memaksa kita harus berdiam diri di dalam rumah untuk jangka waktu yang lama. Covid-19 mengharuskan kita untuk tinggal di rumah selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, bahkan sudah 6 bulan di tahun 2020. Bahkan pembelajaran tatap muka pun harus ditiadakan sehingga diganti dengan Sekolah Dari Rumah (SDR)

Salah satu masalah yang mungkin muncul ketika harus berdiam di rumah adalah timbulnya rasa bosan. Jika masalah ini tidak dikelola dengan baik, bisa bisa menjurus kepada hal yang merusak kesehatan mental, lho Toppers.

Nah, untuk melawan rasa jenuh dan bosan, ada baiknya kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaat.

Ingin tahu apa saja kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan selagi PPJ atau Sekolah Dari Rumah. Berikut ini cara kreatif menghilangkan kebosanan selama PJJ

Cara Kreatif Mengatasi Kebosanan SDR anak SMP

Agar tidak bosan saat harus berdiam lama di dalam rumah, berikut daftar kegiatan kreatif dan bermanfaat yang bisa kamu lakukan di rumah
Cara Menghilangkan Kebosanan

1. Belajar Memainkan Alat Musik

Ketika memiliki waktu luang di rumah, saatnya untuk mempelajari hal baru. Misalnya kamu bisa belajar memainkan alat musik entah itu gitar, piano, drum atau biola.

Bermain alat musik memberikan banyak manfaat llho, Toppers. Selain memberikan efek menenangkan, bermain musik juga dapat menjaga konsentrasi.

2. Membuat Lagu

Jika kamu sudah mahir memainkan alat musik, ada baiknya menggunakan waktu luang kamu dengan membuat lagu.

Selain produktif, aktivitas seperti ini akan meningkatkan kreativitas kamu dalam bermusik, dan siapa tau karya kamu akan dikenal banyak orang setelah menguploadnya di sosial media.

Lantunan lagu makin merdu dengan gitar akustik pilihan berkualitas di sini!

3. Membaca Buku

“Buku adalah jendela dunia” membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang menghasilkan banyak manfaat.

Selain dapat memperluas pengetahuan, meluangkan waktu untuk membaca buku juga dapat menghilangkan stres, Toppers!
4. Menulis

Kapan terakhir kali kamu menulis sesuatu di atas kertas? Jika kamu jenuh menulis di gadget atau komputer, kamu dapat melakukan aktivitas menulis di rumah. Kamu bisa menulis puisi, cerita, diary, atau lirik lagu.

 

5. Olahraga

Sumber Gambar: Busineness Insider

Rutinitas PJJ mungkin tidak membuat tubuh kamu aktif bergerak. Hal tersebut tentu akan membuat kamu malas dan tidak sehat. Selagi di rumah, luangkan lah waktu kamu dengan berolahraga, tidak perlu yang berat-berat, melakukan olahraga yang ringan saja sudah cukup untuk menyehatkan tubuh kamu.
6. Bertemu Teman via Online

Jika kamu anak rumahan dan rindu bersosialisasi dengan teman-teman kamu, kamu dapat bertemu dengan mereka secara online. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Zoom, Google Hangout, dan aplikasi sosial media lainnya yang memungkinkan kamu untuk melakukan video call atau live chat dengan banyak teman.

7. Belajar Memasak

Jangan biarkan dapur kamu berdebu! Walaupun sekarang banyak orang yang sering memesan makanan lewat online, alangkah baiknya untuk berhemat dan meningkatkan skill memasak kamu sendiri!

Memasak dapat meningkatkan kreativitas, dan jika kamu sudah pede dengan masakan kamu, kamu memiliki peluang untuk menghasilkan uang lewat makanan loh!

8. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan alam. Berkebun di rumah juga merupakan alternatif bagi kalian yang tidak ada acara untuk pergi ke wisata alam karena rutinitas yang sibuk.

Memiliki banyak tanaman di rumah dapat membuat rumah kamu indah dengan hiasan tanaman, serta memperlancar sirkulasi udara di sekitar rumah dan membuatnya jadi lebih sejuk.

9. Bermain dengan Peliharaan

Bermain dengan peliharaan kamu di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Tidak hanya sebagai teman bermain, memelihara hewan juga memberikan hal yang positif bagi kamu seperti, menumbuhkan ikatan dengan peliharaan, bertanggung jawab, dan kejenuhan kamu akan hilang melihat tingkah lucu si hewan peliharaan.

Temukan makanan kucing berkualitas dengan harga terjangkau di sini!

10. Bebenah Rumah

PJJ dalam waktu cukup lama memang melelahkan hati dan pikiran. Terlebih melihat kondisi rumah yang berantakan setiba di rumah. Oleh karena itu ada baiknya untuk memanfaatkan waktu luang kamu dengan membenah rumah kamu.

Selain membuat suasana rumah menjadi enak dilihat, bebenah juga dapat membuat tubuh kamu aktif dan dapat membakar kalori hanya dengan melakukan aktivitas menyenangkan ini.

11. Berlatih Fotografi

Bosan keluar rumah dan tidak ingin kamera kamu menganggur? Rumah juga bisa menjadi tempat kamu mendapatkan gambar-gambar bagus lho, Kalian bisa mengambil berbagai macam gambar seperti koleksi-koleksi mainan, masakan buatan kamu, dan hal-hal lainnya yang menurut kamu unik untuk diabadikan dan dibagikan di sosial media.

12. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa baru memiliki banyak manfaat, terlebih di era globalisasi modern seperti sekarang. Sebab, dunia profesional menjadikan bahasa asing seperti bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi utama.Oleh karena itu jika kamu memiliki waktu luang, ada baiknya untuk mempelajari bahasa asing yang ingin kamu pelajari.

di sadur dari tulisan: Ramanov (tokopedia), klik di sini sumber aslinya